Advokat Basuki Minta Warung Makan Menjaga Kesucian Bulan Ramadhan

Serang, (variabanten.com)-Puasa adalah ibadah menahan diri untuk tidak makan, minum, serta dari segala yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Memasuki bulan Ramadhan seluruh umat muslim yang memenuhi syarat diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun perdebatan yang selalu ada setiap memasuki bulan Ramadhan adalah, apakah warung makan harus tutup di siang hari saat bulan Ramadhan?

Sekretaris Jenderal DPP PERADIN menilai, warung makan tak perlu ditutup saat puasa Ramadhan.
“Ya menurut saya tidak perlu ditutup, apalagi kehidupannya dari warung itu untuk kesehariannya,” ujar Basuki.

Namun demikian, menurut Basuki, warung makan tetap diminta menjaga kesucian bulan Ramadhan dengan cara tidak memamerkan dagangannya.

“Jadi yang buka warung makanan silakan dibuka, cuman barangkali tetap harus menjaga kehormatan bulan Ramadhan, mungkin seperti halnya jangan terlalu mencolok, dipakaikan kerai,” kata dia.

Advokat Basuki berpesan dan menghimbau puasa jangan sampai menutup hajat orang lain. “Bagi yang jualan ya tetep jualan, yang berpuasa memberikan tenggang rasa kepada orang yang sedang mencari nafkah untuk kelansungan hidup keluarganya. Bagi yang buka warung makan pun juga harus menghormati orang yang sedang berpuasa,” lanjutnya. VB-Fais.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *