Sekjend PERADIN, Advokat Basuki SH.,MM.,MH Ajak Masyarakat Saling Menghargai Jika Terjadi Perbedaan Waktu Awal Puasa

Serang, (variabanten.com)-Sekjend PERADIN, Advokat Basuki SH.,MM.,MH mengajak umat Islam untuk saling menghargai, menjaga ukhuwah dan menguatkan toleransi terkait perbedaan awal Ramadhan 1445 Hijriah atau bulan puasa.

“Saya harap semua pihak untuk tidak mengeksploitasi perbedaan yang terjadi ini. Perbedaan dalam menentukan awal bulan dalam Islam merupakan kekayaan dari khasanah keilmuan,” kata Advokat Basuki.

Menurutnya, perbedaan dalam menentukan awal Ramadhan ini terjadi karena masing-masing memiliki pola tersendiri dalam menentukan awal bulan, seperti menggunakan sistem hisab dan juga kombinasi hisab dan rukyatul hilal.

“Keilmuan falak seperti rukyat dan hisab sudah menjadi pembahasan para ulama terdahulu sampai sekarang dengan berbagai perbedaan pandangan yang ada,” kata Sekjend PERADIN itu.

Basuki juga menegaskan pentingnya menghargai perbedaan dalam melaksanakan ibadah puasa, menjadikan perbedaan sebagai peluang untuk saling menghormati.

“Jangan menjadikan suatu perbedaan menjadi suatu masalah, misalnya ada yang lebih dulu berpuasa kita hargai, ada yang lebih lambat kita hargai, silahkan bapak ibu sesuai dengan kepercayaan masing-masing,” kata Basuki.

Ia juga mengungkapkan, momentum Ramadan ini merupakan momen menuju manusia yang bertaqwa, sehingga dirinya mengajak masyarakat untuk meningkatkan peribadatan di bulan suci ini.

Basuki menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan Tahun 1445 Hijriah. VB-FAIS.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *