Antara Gemerlap dan Gelap Desa Penyangga Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Tangerang (Varia Banten) – Deru suara mesin pesawat terbang sore itu mewarnai pendengaran kami yang sedang duduk dan ngobrol di salah satu desa yang menjadi Penyangga Bandara Soekarno Hatta.

Sore itu kami berada di Desa Lebakwangi, Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Desa yang sebagian masyarakatnya menggantungkan hudup dari bercocok tanam sayur mayur itu nampak asri dipandang dengan mata telanjang.

Masyarakatnya yang masih tetap mempertahankan tradisi turun temurun dalam tata kehidupan sehari-hari itu nampak terlihat jelas dari bentuk bangunan tempat tinggalnya dan keramahan penduduknya menyapa kepada kami yang baru datang sore itu.

Kami disambut dengan sangat ramah dan disuguhi minuman dan makanan kecil dengan cara yang luar biasa menghargai tamu.

Perbincangan dengan warga berjalan lebih dari 2 jam dan kami menemukan banyak hal yang unik tentang masyarakat Desa ini.

Desa yang subur dan menjadi pemasok sayur mayur bagi masyarat yang ada di daerah Tangerang ini menjanjikan masa depan yang baik bagi generasi penerusnya di masa yang akan datang agar lebih baik dari generasi sebelumnya.

Sepanjang obrolan dan pengamatan kami Desa ini sangat membutuhkan uluran Pihak Berwenang dan terkait agar ke depan menjadi Desa yang lebih baik dari hari ini.

Hal mendasar yang kami lihat adalah tentang kesehatan lingkungan tempat tinggal masyarakat yang masih sangat dibawah setandar untuk mewujudkan kesehatan masyarakat seperti apa yang didengung-dengungkan oleh Pemerintah.

Agak ironis memang daerah yang letaknya mepet dengan Bandara Internasional yang menjadi kebanggaan seluruh rahyat Indonesia ini yang notabrne menjadi tempat keluar masuk tamu dari berbagai penjuru daerah bahkan dunia akan tetapi masyarakatnya sehari-hari jalani hidupnya dengan apa adanya dan jauh dari kata layak.
Salut kepada warga Desa ini yang begitu sabar jalani rutinitas yang sudah dilakukan turun-temurun ini, harapannya semoga pihak terkait segera mengulurkan tangan untuk kehidupan mereka yang lebih baik. (VB-BS)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *