Yang Harus Dipahami Oleh Masyarakat Tentang Kasus Opsi Binary Option (BINOMO) Dan Quotex.

Tangerang Selatan (Varia Banten) – Analisis Tentang Kasus Opsi Binary Option (BINOMO) Dan Quotex. Oleh Luthfira Isnaeni Widhi (Mahasiswa Magister Hukum Universitas Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten).

Investasi merupakan kegiatan menanam modal atau dana dengan harapan mendapat keuntungan atau imbal hasil di masa depan dengan menempatkan dana atau aset berharga lainnya pada instrumen tertentu dalam jangka waktu tertentu, dimana investasi telah diatur di dalam berbagai peraturan perundang-undagan yang ditentukan oleh instrumen investasinya. Dalam berinvestasi, investor harus berhati-hati dan telah mempelajari dengan baik investasi yang dilakukannya serta kesesuaiannya dengan peraturan yang berlaku di Indonesia serta tidak mudah tergiur dengan untung yang besar dan instan agar tidak terjebak dalam investasi bodong yang merugikan, seperti BINOMO (Binary Option)
BINOMO adalah trading yang diperkenalkan oleh influencer yang nyatanya termasuk skema ‘judi’ atau money games, yang merugikan banyak korban. Sistem kerja Binomo yang mirip dengan binary option, yakni menebak kisaran harga sebuah aset. Maru Nazara menjadi korban Binomo yang pertama kali angkat suara di YouTube Panggung Inspirasi pada 19 Januari 2022., yang dipaksa loss hingga ratusan juta. Sehingga pada 24 Februari 2022, Bareskrim Polri telah mentapkan Indra Kusuma atau Indra Kenz sebagai tersangka.

Pelanggaran yang dilakukan oleh pihak BINOMO adalah:
Pertama, Tidak memiliki izin/illegal : Transaksi opsi untuk kontrak berjangka melalui pialang (broker) perdagangan yang memenuhi syarat, di antaranya:
Berbentuk Perseroan Terbatas, merupakan anggota bursa berjangka, telah memiliki izin usaha pialang berjangka dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (“Bappebti”). Izin usaha hanya diberikan kepada anggota bursa berjangka yang memiliki integritas keuangan, reputasi bisnis yang baik, dan kecakapan profesi. Jika tidak memiliki izin usaha pialang berjangka dari Bappebti, maka perusahaan pialang diancam dengan sanksi pidana penjara minimal 5 tahun dan maksimal 10 tahun dan denda minimal Rp10 miliar dan maksimal Rp20 miliar ( Pasal 71 ayat (1) UU 10 No 2011 tentang Perdagangan Bejangka Komoditi).
Kedua, Tanggung jawab hukum investor: Inverstor di dalam kasus ini adalah pihak yang dirugikan, karena investasi Binomo tidak dijamin oleh pemerintah.
Ketiga, Penipuan afiliator dan influencer: Dasar hukum yang dapat dijerat adalah penipuan senagaimana diatur di dalam Pasal 378 KUHP, bahwa telah memenuhi unsur itu dengan rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya. (VB-BS).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *