Mahasiswa Magister Hukum UNPAM Berbagi Ilmu Dan Pengalaman Bersama Siswa SMU YADIKA 6 Pondok Aren.

Tangerang Selatan (Varia Banten)-Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Mahasiswa program studi Magister Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) mengadakan berbagi ilmu dan pengalaman bersama SMA YADIKA 6 Pondok aren dengan Tema :
1. Perlindungan Hukum bagi Perempuan dalam tindak pidana ITE.
2. Mengenal bahaya Akibat Cyber Bullying.
3. Pendidikan Budaya Anti Korupsi di Kalangan Pelajar.
4. Minuman Keras sebagai Faktor Terjadinya tindak pidana.
5. Pentingnya pemahaman Tindak Pidana Cybercrime dalam bersosial Media.
Kegiatan ini diadakan pada tanggal 24 Mei 2022 dengan tempat SMU YADIKA 6, Pondok aren, Tangerang Selatan. Kegiatan sosialiasi itu menghadirkan narasumber Dr. Susanto SH, MH, MM, Dr. Rizal S Gueci, SH, MIC, Dr. Bastianon, SH, MH, Dr. Endi Arofa, SH, MH. dan Dr. Gregorius H.K., SH, MH sebagai dosen Prodi MAGISTER HUKUM Universitas Pamulang, Bpk. Ferizal Utama, S.pd, M.Si Kepala Sekolah SMU Yadika 6 beserta staff pengajar SMU Yadika 6, bersama 24 Mahasiswa dari 5 Kelompok Magister Hukum Universitas Pamulang dan 180 Murid SMU kelas 1 dan 2 Yadika 6 Pondok Aren.
Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kata pembuka dari Kepala Sekolah SMU Yadika 6 Bpk. Ferizal Utama, S.pd, M.Si , Ketua Program Bidang Umum Dr. Yoyon M. Darusman.,SH.,MH dan Panitia Pengabdian kepada masyarakat (PKM) Mahasiswa program studi Magister Hukum Universitas Pamulang Tumin,SH diikuti dengan Penyerahan cendera mata dari SMU Yadika 6 dan Universitas Pamulang.
Dalam Sosialisasi itu Mahasiswa UNPAM Magister Hukum memberikan materi tentang pelecehan seksual terhadap siswi yang terjadi di masyarakat umumnya dan bagaimana cara menghindarinya.
“Berbagi ilmu dan pengalaman tidak hanya memberikan keadaan apa yang terjadi saat ini saja tetapi juga saat setelah lulus sekolah nanti” Pendapat dari salah satu siswi yang mengikuti kegiatan ini.
Walau acara berjalan agak lama antusias siswa dan siswi Yadika tetap bersemangat bersama Mahasiswa Magister Hukum UNPAM. Acara diadakan di Gedung AULA Sekolah Yadika 6 Pondok Aren dilengkapi fasilitas yang mendukung pembelajaran bersama ini. Riuh dan ramai diwarnai dengan tarian, diskusi bersama dengan topik menarik yang telah disiapkan oleh Mahasiswa Magister Hukum Universitas Pamulang.
Materi Juga menyampaikan tentang akibat bahayanya “Cyber Bullying” antar sesama pelajar. Materi ini disiapkan agar kita belajar menghargai perbedaan dalam kehidupan ataupun di dunia Metaverse saat ini. Harapan Mahasiswa magister hukum dalam menyampaikan materi ini adalah menambah pengetahuan ilmu hukum untuk lebih dikenal oleh pelajar yang juga penerus bangsa.
Saat Topik “Anti Korupsi” menjadi pembicaraan yang menarik bagi siswa dan siswi Yadika 6 dengan kejujuran mereka dalam kehidupan sehari-hari. Semoga sikap ini dapat dipertahakan dikemudian hari.
Acara yang terasa padat diselingi dengan makanan ringan yang sangat dinikmati oleh siswa dan siswi Yadika dalam penyampaian materi. Dengan menceritakan bahayanya mengkonsumsi minuman beralkohol. Penyampaian materi ini dapat mencegah siswa dan siswi kita bahkan menjauhi minuman beralkohol yang dapat merusak jiwa dan raga. Kesadaran ini diharapkan dapat menciptakan manusia yang berkualitas yang dibutuhkan bangsa.
Mahasiswa magister hukum unpam berasal dari berbagai macam profesi yang menggali ilmu hukum lebih dalam diantaranya bekerja di Kepolisian Republik Indonesia, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Lembaga Pemerintahan, Praktisi Hukum dll. Pengalaman kehidupan dan kerja sangat mendukung di Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat.

Materi ditutup dengan cybercrime di social media. Materi ini dibawakan langsung oleh perwakilan mahasiswa yang mewakili bareskrim POLRI unit cyber. “Kami dapat mengenal cybercrime dari media social yang sering kami baca” carita dari salahsatu siswi SMU Yadika 6.

Sementara di tempat yang sama Dosen Unpam Dr. Susanto SH, MH, MM mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah satu bentuk kewajiban yang harus dilakukan oleh Mahasiswa magister Hukum Universitas Pamulang sebagai bentuk Mahasiswa Magister Hukum UNPAM berkontribusi unutuk mempercepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan. (VB-BS).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *