Sidang Praperadilan Hari Ketiga Pada Pengadilan Negeri Tangerang Dengan Agenda Pemeriksaan Ahli Dari Termohon Berjalan Sangat Menarik

Tangerang (Varia Banten)-Sidang hari ketiga Praperadilan Perkara Nomor: 3/Pid.Pra/2022/PN.Tng pada Pengadilan Negeri Tangerang digelar hari ini Jumat 24 Juni 2022.

Ketukan Palu Hakim tunggal yang memimpin jalannya sidang Yang Mulia Rustiono, S.H., M.Hum., membuka sidang tepat pada pukul 14.00 Wib pertanda sidang dimulai.

Sidang dihadiri oleh Para Pihak antara lain team Kuasa Hukum Pemohon JL, Team dari Bidkum Polda Metro Jaya, dan team Penyidik Satreskrimum Polres Metro Tangerang Kota, serta awak media yang begitu sabar menunggu sidang dimulai.

Sidang Praperadilan pada hari ketiga dengan agenda pemeriksaan bukti tertulis dari Pemohon sekaligus pemeriksaan Ahli dari Termohon dalam hal ini Penyidik Satreskrimum Polres Metro Tangerang Kota digelar diruang 5 Pengadilan Negeri Tangerang.

Pemeriksaan bukti tertulis dari Pemohon berlansung sangat menarik, karena Pemohon melalui Kuasa Hukumnya mengajukan bukti sebanyak 32 bukti dalam rangka menepis sangkaan Penyidik kalau JL telah melakukan tindak pidana.

Sementara dalam pemeriksaan Ahli yang diajukan oleh Termohon atas nama DR. WARASMAN MARBUN, SH., MH., ini berlansung tidak kalah menarik, Termohon mengajukan pertanyaan sangat luar biasa yang intinya adalah untuk menguatkan bahwa apa yang dilakukan oleh Penyidik Polres Metro Tangerang Kota adalah sudah benar sesuai ketentuan dan telah memenuhi syarat 2 alat bukti yang cukup sesuai Pasal 184 KUHAP, semua pertanyaan dijawab dengan lancar oleh Ahli.

Gilaran Kuasa Hukum Pemohon yang dikomandoi oleh Advokat Robert Manullang, SH., MH., dari Kantor Hukum Joko Dawoed & Rekan ini mengajukan pertanyaan secara sistemis untuk membuktikan kalau Kliennya tidak terbukti bersalah dan tidak memenuhi 2 alat bukti yang cukup sesuai ketentuan KUHAP Pasal 184 seperti apa yang disangkakan oleh Penyidik Polres Metro Tangerang Kota dalam perkara ini, pertanyaan dijawab dengan sigap dan sangat berhati-hati oleh Ahli yang diajukan oleh Kuasa Hukum Termohon. Terkait salinan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang tidak diberikan kepada Terperiksa oleh Penyidik sesuai dengan ketentuan Pasal 72 KUHAP adalah menyalahi aturan, dan ini adalah cacat formil jawab Ahli menjawab pertanyaan Kuasa Hukum Pemohon.

Sepanjang waktu sidang berjalan sangat menarik ditandai Para Pihak yaitu Hakim Tunggal, Kuasa Hukum Pemohon dan team Bidkum Polda Metro Jaya selaku Kuasa dari Termohon sangat konsen dalam mengajukan pertanyaan dan mendengarkan jawaban dari Ahli.

Waktu yang di butuhkan untuk gelatan sidang kali ini cukup panjang sekitar 3 jam 36 menit.

Advokat Robert Manullang, SH., MH., salah seorang anggota Kuasa Hukum JL saat ditemui awak media selepas sidang menyampaikan sangat aneh ini masa pasal saat pelaporan dan penetapan Tersangka terhadap diri JL bisa berubah tidak jelas begini, aturan mana yang dipakai ini, kalau begini caranya bisa rusak tatanan hukum yang ada di negeri ini. Terkait hal ini apa yang disampaikan dalam jawaban Ahli tadi kami merasa tidak puas.

Agenda sidang berikut akan digelar hari Senin 27Juni 2022 dengan agenda bukti tertulis dari Termohon dan pemeriksaan Ahli dari Pemohon. (VB-BS).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *