Buah Busukpun Ada Gunanya Untuk Kehidupan Yang Lain, Oleh Putra Trisna.

Serang, (variabanten.com)-Banyak yang berpandangan sesuatu yang bermanfaat itu hanya barang yang bagus-bagus saja.
Padahal fakta yang terjadi dilingkungan hidup ini berbalik 180 derajat dari pandangan diatas.

Kita ambil contoh sebidang kebun yang didalamnya tumbuh beraneka ragam tanaman dalam perjalanannya tidak semua berguna bagi manusia, misalnya buah jeruk pada saat proses dari berbunga dan selanjutnya menjadi buah tidak semua dapat berkembang dengan sempurna, tentu dalam prosesnya ada yang sampai matang dan secara langsung berguna bagi manusia, juga ada yang rontok gugur ke bumi lalu busuk dimakan bakteri, cacing, dan mahluk lainnya yang akhirnya menyatu dengan tanah menjadi humus, demikian juga halnya dengan tumbuhan yang lain mengalami proses yang sama dengan buah jeruk.

Buah jeruk dan tanaman yang busuk karena tidak sempurna perkembangannya dan rontok ke bumi benar tidak ada manfaat bagi manusia secara langsung, akan tetapi mampu menjadi nutrisi bagi kehidupan mahluk lain yang ada di kebon dimana jeruk dan tumbuhan yang lain hidup berdampingan.

Tanpa disadari saripati dari buah jeruk yang rontok akan diserap dan menjadi nutrisi bagi tanah dan tanaman serta mahluk yang lain, yang pada akhirnya bermanfaat juga bagi kehidupan manusia.

Dari penggalan cerita diatas bisa kita jadikan pedoman dalam hidup dan kehidupan kita sehari-hari, kita harus selalu bijak dalam menyikapi semua kondisi yang ada di kanan kiri dalam berinteraksi dalam rangka memperjuangan harmonisasi dalam kehidupan yang muaranya adalah kebahagiaan, salam sukses dan sehat selalu. (gambar diambil dari media lain).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *