Pemilu 2024, Pemilih Disabilitas di Kota Serang Meningkat 100 Persen

Serang, (variabanten.com)-Pemilih disabilitas di Kota Serang pada Pemilu 2024 mengalami kenaikan cukup drastis. Tahun 2024, pemilih disabilitas yang berada di Kota Serang mencapai 1.400 orang. Angka tersebut mengalami kenaikan cukup tinggi, sekitar 100 persen dibandingkan pada Pemilu 2019 yang sekitar 400 orang.

“Kota Serang disabilitas 1.400 lebih di semua kecamatan. Kalau di tahun 2019 hanya 400, naik drastis,” ujar Ade Jahran, Komisioner KPU Kota Serang.

Ade menuturkan, KPU Kota Serang mempersilakan pemilih disabilitas untuk didampingi ketika ingin menggunakan hak suaranya di TPS.

Akan tetapi, kata Ade, pendamping tersebut harus sudah ada persetujuan saksi dan pengawas Pemilu. Kemudian, mereka juga harus menandatangani surat pernyataan yang berisi janji tidak membocorkan hasil memilih kepada pihak manapun.

Selain itu, kata Ade, untuk pemilih yang tidak mampu datang ke TPS diberikan perhatian khusus. Petugas KPPS akan mendatangi para pemilih tersebut dengan membawa surat suara beserta alat penunjang lainnya.

Ade menambahkan, saat berlangsungnya proses pemilihan, para pendamping dilarang melakukan intervensi kepada pihak yang didampingi. (*/Fais).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *