Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Pelawad, Ciruas, Serang, Banten Latih Jama’ah Urus Jenazah.

Serang, Varia Banten, 2/1/2022.

Pengetahuan mengurus jenazah menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diketahui oleh seorang muslim tatkala ada yang meninggal dunia.

Pada hari ini minggu tanggal 02 Januari 2022 Pimpinan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Desa Pelawad, menggagas sekaligus melaksanakan pelatihan Pengurusan jenazah yang bertempat di Masjid Nurul Huda Blok Gardenia Perumahan Taman Ciruas Permai, Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Pada Kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah ini, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Desa Pelawad menunjuk Kabid Sosyadu Ustatz Aswan Lubis dan Kabid Dikwah Ustadz Ade Halwani Menghadirkan dua Pemateri yang akan membimbing warga pada tahap pelaksanaan pengurusan jenazah.

Kabid Dikwah Ustadz Ade Halwani yang membahas terkait Fiqhi Jenazah, sedangkan Ustadz Aswan Lubis selaku Kabid Sosyadu mengupas materi tentang Praktek Penyelenggaraan Jenazah.

Menurut Ketua DMI Desa Pelawad Ustadz Abul Hatim, SE., MM., bimbingan tehknik pengurusan jenazah ini menjadi salah satu agenda penting yang diprogramkan oleh DMI Desa Pelawad bekerja sama dengan pihak terkait di wilayah Desa Pelawad.

Abul Hatim Menuturkan pada kegiatan ini para peserta akan dibimbing bagaimana cara mengurus jenazah sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, mulai dari mendampingi orang sakit, memandikan jenazah, praktek mengkafani dan tata cara mensholatkan jenazah.

Sementara itu Ustadz Ade, menjelaskan bahwa pelatihan ini bersifat aplikafif karena setelah teori langsung dilanjutkan praktek bagaimana mengurus jenazah dengan alat peraga yang telah disiapkan oleh panitia.

Ustadz Aswan Lubis mengatakan Pelatihan ini dirasa penting, karena di masa sekarang ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara mengurusi jenazah orang yang sudah meninggal. Mungkin hal ini tidak akan jadi masalah jika di saat itu terdapat orang yang mengetahui bagaimana caranya mengurusi jenazah. Namun masyarakat akan kesulitan ketika orang yang tahu cara mengurus jenazah tersebut tidak ada ditempat.

Peserta pelatihan mengurus jenazah terdiri dari tiga wilayah yaitu dari RW 04, RW 05 dan RW 06, dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 45 orang.

Nantinya para peserta pelatihan ini akan dibagi menjadi empat kelompok, meliputi TCP Utara, TCP Tengah, dan TCP Selatan serta TCP Pager Agung berdasarkan domisili masing-masing peserta. Ujar salah seorang panitia yang tidak mau disebutkan namanya.

Dalam kesempatan itu pula ada apresiasi atau penghargaan bagi peserta yang datang lebih awal, penhargaan ini diraih oleh jamaah dari DKM Al Furqon Blok Hanjuang TCP atas nama bapak Tomo, dan pada kelompok peserta yang melakukan praktek mengkafani jenazah yang paling mendekati kebenaran sesuai ajaran agama Islam yang menjadi dasar penilaian Para Narasumber.

Pelatihan ini dipandu langsung oleh Ustadz Ade Halwani dan Ustadz Aswan Lubis, penghargaan atau apresiasi disuport dan donatur oleh Bapak Suwadi, SH, MH selaku Kabid Hukum DMI ranting Pelawad sekaligus anggota BPD terpilih tahun 2022 – 2028. (VB-SWD).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *