Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Prodi Manajeman Universitas Pamulang (UNPAM) Untuk Cerdaskan Santri.

Tangerang Selatan 04/01/2022, Varia Banten.

Dengan Tajuk “PELATIHAN DIGITAL MARKETING ( SOSIAL MEDIA ) UNTUK MENINGKATKAN
LIFE SKILL SANTRI DAN STAF MARKETING DI PESANTREN AL WAFI ISLAMIC BOARDING SCHOOL DEPOK”

Pada Tanggal 25, 26, 27 November 2021, dosen-dosen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang melakukan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang berlokasi Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok. Program PKM ini bertemakan “Pelatihan Digital Marketing ( Sosial Media ) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok”. Dosen-dosen yang terlibat dalam PKM ini diantaranya, Sairin, S.E., M.Ak., Dr. Susanto, S.H., M.H., M.M., Suworo, S.Si., M.M., Tarwijo, S.E., M.M., Chotamul Fajri, S.T, M.M., Dalam pelaksanaannya Tim PKM ini bermitra dengan Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok .

Tujuan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang digital marketing santri dan karyawan dilingkungan pesantren Al Wafi Islamic Boarding School, memberikan motivasi kepada santri dan karyawan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi khususnya bidang digital marketing dan melaksanakan kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan pendampingan yang dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang (UNPAM) memberikan solusi dengan memberikan pelatihan dan pendampingan yang dapat memberikan bekal santri dalam memanfaat digital marketing untuk meningkatkan brand dan meningkatkan penjualan, kegiatan tersebut :
1. Pemahaman Digital Marketing
Beberapa media sosial yang sangat digemari dan memiliki jutaan pengguna di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Blog, dan lainnya. Media sosial merupakan bagian aktivitas digital marketing sebagai alat komunikasi pemasaran yang dapat dikategorikan berdasarkan alasan atau motivasi pemasar menggunakan media sosial (antecedants) dan target dari progam pemasaran (consequences). Selain itu antecedants merupakan strategi yang dapat digunakan oleh pemasar dalam social media marketing. Beberapa antecedants dari pemasaran media sosial seperti Customer Engagement, Viral Marketing, Buzz Marketing, Peer influence dan Online Community.

Media sosial digunakan sebagai alat komunikasi pemasaran sesuai dengan program dan target pemasaran. Terdapat beberapa consequences atau hasil yang dapat dihasilkan melalui pemasaran media sosial, diantaranya increased brand awareness, improved reputation, increased relationship, brand development, dan increases purchase intention.

Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil. Berdasarkan data yang dirilis Kata Data,,Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017. Artinya lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Facebook. Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya.

Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. Pesantren Alwafi Islamic Boarding School dalam aktivitas marketing menggunakan facebook ads untuk mengiklankan penerimaan mahasiswa baru. Hakaman iklan yang sudah dibuat yaitu Sdtq Alwafi Al-islami untuk mengiklankan SDTQ dan Alwafi Islamic Boarding School untuk memasarkan SMP SMA Alwafi IBS.

Berdasarkan kegiatan pengabdian kebada masyarakat tersebut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan digital marketing untuk meningkatkan lifeskill khusunya dalam meningkatkan brand produk dan meningkatkan penjualan,
(VB BS).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *