Derita Warga Putra Buyut, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Lampung Tengah ( Varia Banten) – Adalah Desa Putra Buyut, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, dahulu Desa ini masuk dalam Wilayah Desa Buyut Udik, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Kampung Sukoharjo I, II, dan III yang dulunya masuk dalam wilayah pemerintahan Desa Buyut Udik adalah daerah yang ada dipinggiran dan menawarkan kehidupan yang makmur serta damai bagi penghuninya.

Sejalan dengan adanya undang-undang Otonomi Daerah yang ada di negeri tercinta sekitar 20 tahun silam, Kampung Sukoharjo yang terdiri dari 3 wilayah yaitu Sukoharjo I yang terkenal dengan sebutan RB VI, Sukoharjo II, dan Sukoharjo III yang lebih terkenal dengan sebutan Sundan ini dapat kesempatan untuk mengatur rumah tangganya sendiri dengan melepaskan diri dari Desa Buyut Udik dan membentuk pemerintahan sendiri dengan nama Desa Putra Buyut.

Pada saat masa transisi Desa Putra Buyut memberikan harapan yang indah bagi seluruh warganya, ini terbukti dengan adanya pembangunan jalan yang berlangsung cepat dan menjangkau seluruh penjuru desa.

Selain itu bayi ajaib yang baru lahir dengan nama Putra Buyut ini memberikan harapan baru untuk segenap rakyatnya dibuktikan dengan dibukanya galian pasir yang ada dipinggir sungai Way Seputih oleh para pengusaha yang telah mendapat ijin dari pejabat setempat.

Pada awal pembukaannya galian pasir yang digagas oleh para sesepuh diantara Almarhum Bapak Tari selaku Pejabat Sementara Kepala Desa Putra Buyut yang didampingi oleh Bapak Paito Handono selaku Sekretaris Desa yang saling bahu membahu dengan seluruh aparatur Desa Putra Buyut kegiatan itu berjalan lancar dan ada Pendapatan Asli Desa (PAD) yang masuk dan dapat digunakan sebagai tambahan Kas Desa.

Waktu berjalan begitu cepat dan pergantian Kepala Desa sudah terjadi sebanyak 3 Preode sampai saat ini, seluruh rakyat Desa Putra Buyut berharap adanya perubahan dan kemajuan ditanah kelahirannya.

Desa yang subur dengan dilintasi sungai dan rawa ini dapat menyokong kehidupan warganya yang sehari hari mengandalkan kehidupan dengan bercocok tanam bertani dan berternak ini mampu menghantarkan putra putrinya menempuh pendidikan dengan baik, terbukti sampai saat berita ini diturunkan anak kelahiran Putra Buyut lebih dari 90 orang yang mengenyam pendidikan tinggi hingga menyandang gelar sebagai seorang sarjana dari berbagai disiplin ilmu, bahkan lebih dari 10 orang telah mengenyam pendidikan tingkat Magister (S-2).

Keberhasilan Desa Putra Buyut melahirkan anak-anak yang berprestasi berbanding terbalik dengan kondisi yang ada saat ini, adanya penambangan pasir yang diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PAD) dan dapat digunakan untuk tambahan biaya pembangunan ternyata hanya mimpi belaka, hal ini nampak jelas dengan kondisi jalan yang ada saat ini jauh dari kata layak.
Dimusim panas mobil yang membawa pasir merupakan penyumbang debu terbesar dan berpotensi sebagai sumber penyakit bagi seluruh warga yang tinggal disepanjang jalan Putra Buyut, sebaliknya dimusim penghujan seperti saat ini mobil pembawa pasir milik para cukong ini merupakan perusak jalan nomor satu.

Pantauan awak media Varia Banten yang turun langsung ke lapangan mendapat gambaran dan bukti betapa parahnya kondisi jalan yang ada di Desa Putra Buyut ini, sangat ironis memang Desa yang subur dan mempunyai kekayaan alam yang melimpah ini harus memiliki jalan seburuk ini.

Kondisi jalan yang buruk seperti ini sudah berlangsung puluhan tahun Pak, keterangan dari salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya. Untuk uang pasir yang saya dengar setiap mobil yang lewat ada kontribusinya, tetapi ngga tahu dikemanakan uang itu, sehingga jalan kondisinya seperti yang Bapak lihat saat ini
Sambung warga yang lain sambil pergi meninggalkan awak media.

Ini adalah masalah sosial yang menimpa warga Putra Buyut kalau didiamkan akan menjadi bom waktu yang dapat merugikan, persoalan ini merupakan tanggung jawab bersama antara lain aparatur Desa Putra Buyut dan pihak terkait yang ada di wilayah Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. (VB-BS).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *