Ada Apa Dengan Tanggal 1 Maret 1949?

SERANGAN UMUM 1 MARET 1949
Serang (Varia Banten) – Apa yang sesungguhnya terjadi pada tanggal 1 Maret 1949, Awak Media Varia Banten mengutip pernyataan yang disampaikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X dari media TikTok yang saat ini sedang Viral belakangan ini.

Sepanjang bulan Desember 1948 sampai dengan bulan Februari 1949 telah terjadi serangan terus-menerus terhadap pos-pos Tentara Belanda yang dilakukan oleh Grilyawan Tentara Nasional Indonesia.

Adanya perlawanan seporadis yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia menimbulkan gagasan untuk melakukan serangan umum yang lebih besar dan tekoordinir dari semua penjuru kota Yogyakarta.

Sri Sultan Hamengkubuwono IX saat itu segera bersurat kepada Panglima Besar Jenderal Sudirman untuk melakukan serangan terhadap pasukan Belanda yang saat itu telah menguasai kota Yogyakarta.

Panglima Besar Jenderal Sudirman menyetujui apa yang diusulkan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan menganjurkan agar Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk segera bertemu dan berkoordinasi dengan Letnan Kolonel Soeharto sebagai Komandan Brigede X Bilgres 3 Yogyakarta.

Setelah bertemu keduanya berembuk dan sepakat untuk segera melakukan serangan yang direncakan pada pukul 6 pagi tanggal 1 Maret 1949, selanjutnya Letnan Kolonel Soeharto mempersiapkan pasukan yang ada dibawah pimpinannya.

Serangan dilakukan dengan kekuatan penuh berkobar diseluruh wilayah kota Yogyakarta dan membuahkan hasil yang luar biasa.

Tentara Nasional Indonesia yang saat itu dipimpin langsung oleh Letnan Kolonel Soeharto mampu merangsek masuk dan merebut kota Yogyakarta yang selama ini telah dikuasai oleh Tentara Belanda.

Keberhasilan pasukan Tentara Nasional Indonesia dibawah komando Letkol Soeharto merebut Kota Yogyakarta dari tangan Tentara Belanda pada saat itu dalam sejarah perjalan negara Indonesia dengan sebutan Serangan Umum 1 Maret 1949. (VB-BS)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *