Penyuluhan Hukum di SMKN 8 Kab. Tangerang Berlansung Beda.

KABUPATEN TANGERANG-(variabanten.com)-Bertempat di lapangan SMKN 8 Kabupaten Tangerang diadakan penyuluhan hukum.

Acara yang dilaksanakan pada hari Jum’at 19 Agustus 2022 ini dimulai pada pukul 09.00 Wib dengan peserta gabungan Dewan Guru, Pegawai, dan Siswa kelas 10, 11, 12 SMKN 8 tumpah jadi satu dalam suasana hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dengan memperkenalkan seluruh nara sumber yang akan menyampaikan materi pada hari ini.

Dibawah siraman sinar matahari pagi hari Kepala Sekolah SMKN 8 Kabupaten Tangerang Ibu Eko Saptini, M.Pd menyampaikan kata sambutan yang begitu lugas dihadapan peserta luhkum.

Acara kali terasa sangat berbeda dengan acara luhkum ditempat lain, karena dilaksanakan ditempat terbuka yang pesertanya mencapai hampir 1000 orang semuanya rela berpanas-panasria.

Perbedaan yang paling mencolok adalah dengan hadirnya Lembaga Swadaya Masyarakat (SLM) yang menyatu dalam acara penyuluhan hukum kali ini.

Nara sumber yang memaparkan materi tentang undang-undang ITE, bahayanya narkotika, dan bahayanya pergaulan bebas adalah dari Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) yang terdiri dari Advokat Basuki, SH., MM., MH., Advokat Advokat Fifit Nofiati, SH., MH., (POSBAKUMADIN Serang), Advokat Eko Supramono S, SH. (POSBAKUMADIN Tangerang selatan), Advokat Sukanto, SH, MH., Advokat Yatmi, SH. (POSBAKUMADIN Tangerang), Advokat H. Muhclisin, SH., MH., Advokat Sugiyanto, SH., MH. (POSBAKUMADIN Kabupaten Tangerang), dan Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Seroenting Jaya Indonesia (LSM SEROJA INDONESIA) Bapak Taslim Wirawan, SH.

Pemaparan materi dibuka oleh Advokat Basuki diawali dengan perkenalan, selanjutnya materi bergantian disampaikan oleh Advokat Eko Supramono, Advokat Fifit Nofiati, Advokat Sugiyanto, Bapak Taslim Wirawan, Advokat Sukanto, dan Advokat Muhclisin.

Sepanjang waktu acara berjalan sangat menarik, terbukti walau dibawah teriknya sinar matahari Para Peserta tetap tidak begeser dari tempat duduknya.

Dilanjutkan pada saat sesi tanya jawab peserta luhkum begitu antusias melontarkan pertanyaan kepada pemateri.
Selanjutnya pada sesi pertanyaan lebih 20 peserta yang lari maju ke tengah lapangan menuju tempat pemateri berada untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri.

Saat ditemui awak media Varia Banten selepas acara “Kegiatan ini adalah satu hal baru dan sangat positif bagi anak didik kami”, tutur Ibu Eko sapaan akrab Kepala Sekolah SMKN 8 Kabupaten Tangerang ini. “Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada team nara sumber atas kehadiran dan materi yang sudah disampaikan, serta hadiah yang telah diberikan pada siswa-siswi kami”, tutupnya.

Sementata ditempat terpisah pemateri dari POSBAKUMADIN Advokat Basuki yang didampingi team menyampaikan “Kami merasa tertantang dan haru dengan peserta yang membludak memenuhi lapangan, ini adalah kegiatan kedua penyuluhan hukum yang dilaksanakan dilapangan, yang sebelumnya terjadi di SMKN 5 Kabupaten Tangerang”.

Sementara Ketua Umum LSM Seroja Indonesia Bapak Taslim Wirawan saat acara berlangsung menyampaikan “Kegiatan seperti ini adalah sebagian dari kewajiban kami sesuai fungsinya”.

Acara diakhiri dengan sesi foto bersama pada pukul 11.00 Wib.

Reporter Putra Trisna.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *