Wabup Serang Sebut Gerakan Pramuka Ciptakan Manusia Berkualitas.

SERANG, (Variabanten.com)-Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa menghadiri Ucapara Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten Tahun 2022 di Alun-alun Kecamatan Kramatwatu pada Minggu, 28 Agustus 2022. Pandji menegaskan pada momen tersebut bahwa gerakan pramuka ini menciptakan manusia yang berkualitas.

Wakil Bupati (Wabup) Serang berpesan kepada para gerakan muda pramuka agar mematuhi dasa darma, karena dari dasadarma itu trisatya, dwisatya itulah yang menjadi cikal bakal kualitas kesetiaan sumber daya manusia yang di didik melalui gerakan kepramukaan.

“Karena gerakan pramuka ini menciptakan manusia-manusia yang berkualitas, kualitas lahir dan batin, kualitas manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga punya jiwa kesatria, sportif, berjiwa kolektif, mandiri dan disiplin,”tegas Pandji.

Oleh karenanya, sambung Pandji, pada peringatan Hari Pramuka saat ini untuk merefleksikan perjalanan pramuka selama 61 tahun karena pramuka itu merupakan bagian dari peminat model generasi muda yang baik. “Alumni-alumni pramuka banyak yang menduduki posisi penting di bidang pemerintahan, ekonomi, politik, berarti pramuka adalah model pembinaan generasi muda yang paling baik selama ini,”ucapnya.

“Oleh karena itulah makannya kita dorong anak-anak belajar disiplin, berjiwa sportif, berjiwa mandiri, tangkis, punya tanggung jawab itulah ciri dasar gerakan pramuka,”tambah Pandji.

Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Aat Supriyadi pada momen hari pramuka pihaknya merasa bangga dengan banyaknya adik-adik yang mencapai Gerakan Pramuka Garuda. Karena Pramuka Garuda itu merupakan tingkatan tertinggi di golongan pramukanya, dimana mereka sudah memiliki kecapakan masing-masing terlihat dari banyaknya tanda-tanda yang mereka miliki atas dasar dari penilaian kriteria mulai dari mulai SKU, SKK yang sudah memenuhi semua.

“Itu bukan hanya sekedar tanda-tanda misalnya dari kedisiplinan, berkemah ,hiking, hastakarya itu semua mereka sudah miliki. Mudah-mudahan dari cikal bakal itu akan lahir pemimpin-pemimpin ke depan yang nasionalis, berdedikasi tinggi untuk bangsa dan Negara,”ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang ini.

Diketahui pada Upacara Ucapara Peringatan Hari Pramuka ke-61 Tingkat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Banten Tahun 2022 bertindak sebagai Pembina Upacara Ketua Mabida Banten yang juga Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar. Turut Hadir Ketua Kwarda Banten Septo Kalnadi, Mantan Ketua Ketua Kwarda Pramuka Banten Masduki, dan para Ketuar Kwarcab se Provinsi Banten.

Pada momen tersebut diberikan penghargaan dan Penyematan Lencana Panca Warsa/ Pramuka Dewasa oleh Ketua Mabida Banten Al Muktabar kepada para pengurus Kwarcab. Kemudian Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa melantik ratusan Gerakan Pramuka Garuda se Kabupaten Serang.(*/Amirrudin).

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *