Kesamaptaan, Dari Jambe Untuk Indonesia.

Tangerang, (variabanten.com)-Hampir seluruh siswa kelas 10 tahun pelajaran 2022/2023 di SMKN 8 KAB TANGERANG sejak tanggal 26 September 2022 hingga 1 Oktober 2022 mengikuti rangkaian kegiatan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disingkat P5.

Ini merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka, yaitu mulai tahun ajaran 2022/2023 SMK NEGERI 8 KAB TANGERANG membulatkan tekad menggunakan Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah, dimana salah satu tuntutan IKM tersebut adalah mengadakan kegiatan P5 dengan memilih 2 tema dan 1 tema wajib bagi SMK yaitu kebekerjaan.

Untuk kegiatan perdananya SMKN 8 KAB TANGERANG mengambil tema ” Bangunlan jiwa dan Raganya, dibalut dengan kegiatan “Kesamaptaan.” Kami menggandeng Batalyon infanteri (Yonif) 203 sebagai pelatih. Selama kegiatan kesamaptaan, fokus para pelatih TNI adalah membina sikap disiplin, etika, kesiapsiagaan dan pemahaman siswa tentang peraturan baris berbaris. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pembiasaan ke siswa untuk melaksanakan apel dan upacara, yang intensitas kedua kegiatan di atas tadi berkurang pada saat siswa masih SMP, dikarenakan pandemi covid 19.

Selain itu, isu besar yang diangkat pada tema ini adalah bullying, yaitu siswa diharapkan memahami, dan menghindari diri dari peristiwa perundungan yang sering kita dengar dengan istilah bullying serta upstander atau berdiri dan tampil untuk mencegah dan menghentikan bullying, dimanapun mereka berada khususnya di sekolah. Acara dikemas dalam dua bagian yaitu materi klasikal dan dalam bentuk persiapan hingga penampilan drama yang bertemakan bullying tersebut.

Acara juga dimeriahkan dengan outbond, meski sederhana terlihat senyum dan tawa para siswa . Di sini jelas terlihat mulai tumbuhnya keberanian dan percaya diri pada siswa untuk berbicara dan menyampaikan ide atau gagasannya.

Acara kesamaptaan ditutup dengan malam inagurasi pada hari ke lima, kemudian siswa bermalam di sekolah, makan bersama dengan menu seadanya dari bahan mentah yang mereka bawa untuk diolah di sekolah dengan cara sederhana. Hal yang tidak panitia duga dan ini bagi kami adalah satu peristiwa sangat mengharukan dan luarbiasa, karena ternyata Pementasan drama disaksikan oleh beberapa orang tua siswa yang antusias hadi dengan tujuan mulia, ingin menyaksikan pementasan drama putra dan putrinya. Tepat pukul 2.00 dini hari, peserta kesamaptaan dibangunkan untuk melaksanakan kegiatan renungan suci, haru biru terjadi seolah perpisahan dengan bulan September 2022 dan pertemuan dengan bulan Oktober 2022, bertepatan dengan peringatan G30S PKI dan Hari Kesaktian Pancasila, sebuah momen yang tak disengaja namun begitulah takdir nya.

Puncaknya pukul 04.00 hingga waktu subuh tiba adalah upacara pengukuhan taruna SMKN 8 KAB TANGERANG dengan seremoni penyematan tanda kepangkatan pada siswa yang telah dinyatakan selesai mengikuti seluruh rangkaian projek P5/Kesamaptaan, oleh Kepala sekolah yaitu Eko Saptini, S.Pd.,M.Pd., wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan satu perwakilan orang tua siswa yang berkenan hadir sebagai bentuk kejutan dan kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Dari tema ” Bangunlah Jiwa dan Raganya, empat isu besar yang diangkat yaitu ;
1. Bullying
2. Capasity Building
3. Disiplin adalah Nafasku
4. Panggung Kehidupan

Narasumber Yusup Wahyudi, panitia kesamaptaan. VB-BS.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *