Kelurahan Margaluyu, Adakan Sosialisasi Stunting Dan Gizi Buruk Serta Pembagian Makanan Tambahan.

KOTA SERANG, (variabanten.com)-Pemerintah Kelurahan Margaluyu menggelar Sosialisasi Stunting dan gizi buruk, di aula kantor Kelurahan Margaluyu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Sosialisasi stunting dan gizi buruk ini merupakan salah satu rangkaian program Pemerintahan Kota Serang, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat agar memprioritaskan penggunaan anggaran tahun 2022 untuk pencegahan dan penanganan stunting dan gizi buruk.

Adapun peserta dari sosialisasi stunting dan gizi buruk yakni Kader Posyandu Sekelurahan Margaluyu, Perwakilan Puskesmas Kecamatan Kasemen, TPG Puskesmas Kecamatan Kasemen, Aparatur Kelurahan dan Kader PKK Kelurahan Margaluyu.

Kepala Kelurahan Margaluyu Otong Antono, SE, saat dikonfirmasi mengatakan “Sosialisasi stunting dan gizi buruk ini sifatnya wajib dilaksanakan di setiap Kelurahan, karna diinstruksikan langsung dari pemerintah pusat berdasarkan regulasi.

Adapun permasalahan stunting dan gizi buruk menjadi prioritas pemerintah, dikarenakan masalah ini mempengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yakni terhambatnya tumbuh kembang anak, oleh sebab itu, program ini harus dilaksanakan secara konvergen atau terpusat, terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor, mengingat urgensi persoalan stunting dan gizi buruk ini, maka diwajibkan bagi kelurahan untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting dan gizi buruk. Ungkapnya

Lanjutnya, “Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintahan Kelurahan dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka stunting dan gizi buruk di Kelurahan Margaluyu”. Tutup orang nomor satu di Kelurahan Margaluyu ini.

Ditempat yang sama Ketua PKK Ratu Roudhotul Fariha mengatakan “Stunting dapat terjadi akibat kekurangan gizi pada anak, dalam penanganan stunting Pemerintah Kelurahan Margaluyu bersama Ibu-ibu PKK melakukan beragam upaya dalam penanganan stunting dan gizi buruk ini, seluruh stakeholder khusus nya ditingkat Kelurahan harus paham dengan pentingnya makanan bergizi dan seimbang. Ucapnya.

Lebih lanjutnya” Mulai dari masa kehamilan, hingga tumbuh kembangnya anak-anak, untuk mengatasi masalah stunting dan gizi buruk ini, Pemerintah telah meluncurkan berbagai program, serta membagikan makanan-makanan yang bergizi”.

“Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting dan gizi buruk menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Tegasnya.
Reporter : Abdurrahman

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *