Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0 Berbasis Teknologi Artificial Intelligence OIeh: Azhar Fathoni-Mahasiswa Program Study Tehnik Informatika Universitas Pamulang

Tangerang Selatan, variabanten.com-Dunia yang sedang beranjak ke era 5.0 ini, telah banyak menciptakan inovasi yang merupakan wujud dari kemajuan pemikiran manusia dari zaman ke zaman. Salah satunya adalah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat dan dinamis. Bahkan dapat dikatakan, saat ini semua bisa dilakukan hanya menggunakan getged (Smart phone).Misalnya kita mau belanja tidak harus keluar rumah tinggal pesat lewat applikasi, belanjaan kita dianter ke rumah, ataupun kita bayar-bayar tidak harus dengan membawa uang cash, cukup kita transfer lewat smart phone yang kita miliki.

Begitu pun dengan dunia pendidikan saat ini dipacu untuk bisa mengejar ketertinggalan dalam bidang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang inovasi dengan berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) di era society 5.0 bisa di gunakan dalam era saat ini. Penggunaan AI (Artificial Intelligence) tidak terbatas hanya pada pendidikan tingkat tinggi aja tetapi juga pada dapat di terapkan pada pendidikan dasar.
Artificial Intelligence (AI) memungkinkan mesin untuk belajar dari pengalaman, menyesuaikan input-input baru dan melaksanakan tugas seperti manusia. Sebagian besar contoh AI yang Anda dengar dewasa ini mulai dari komputer yang bermain catur hingga mobil yang mengendarai sendiri sangat mengandalkan pembelajaran mendalam dan pemrosesan bahasa alamiah. Salah satu penerapan teknologi AI yang memudahkan aktivitas manusia dapat dilihat dari mobil pintar.
Belakangan ini, tengah booming di pasaran otomotif Indonesia, yaitu mobil pintar yang diproduksi oleh Tesla.
Mobil ini telah dilengkapi dengan chip berteknologi AI atau kecerdasan buatan, yang dapat membuat mobil ini menjalankan beberapa sensor. Beberapa sensor tersebut dapat menjalankan sistem radar untuk fitur autopilot. Hal ini telah sudah dilaksanakan oleh beberapa universitas di indonesia. Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan memproses sejumlah besar data dan mengenali pola dalam data. Dalam hal ini penggunakan AI dalam library research (kepustakaan). Pendidikan dengan perbaruan teknologi yang mewujudkan Era Pendidikan 4.0. Karakter kreatif ini yang membantu dalam hal bertumbuh dan berkembang seiring kemunculan yang tak berjeda daripada inovasi-inovasi terbaru secara global.
Dengan adanya AI merupakan salah satu cara mengkaji dan menganalisis sumber primer dari buku, jurnal ilmiah, artikel dan dokumen yang relevan dengan pembahasan. Penerapan AI (Artificial Intelligence) bagi dunia pendidikan akan membawa terobosan baru dalam penerapan pembelajaran, berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di abad ke 21. Kemampuan orang tua dan guru dalam memahami pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), ditingkatkan dengan hadirnya teknologi AI.
Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya penelitian akan memicu pemahaman AI dalam bidang pendidikan. Sehingga hal ini dapat berdampak pada kemajuan Penddidikan di Indonesia. VB-Putra Trisna.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *