5 Kesenian Banten Yang Mendunia dan Masih Dilestarikan Hingga Kini

Banten, (variabanten.com)-Provinsi Banten memiliki banyak hal menarik untuk digali, salah satunya berbagai tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ada banyak kesenian Banten yang menarik untuk diketahui.

Bukan hanya itu saja, berbagai kesenian ini juga masih dilestarikan hingga saat ini. Hal ini menjadi salah satu bentuk kecintaan masyarakat Banten pada tradisi leluhur mereka.

Berikut ini adalah beberapa kesenian Banten yang unik dan masih dijalankan hingga saat ini:
1. Debus
Menjadi salah satu kesenian yang paling populer dari Banten. Bukan hanya di kalangan masyarakatnya saja, namun kesenian yang satu ini bahkan dikenal hingga seluruh nusantara. Debus merupakan atraksi yang dilakukan dengan menggunakan benda tajam, seperti: golok, paku, air keras, dan yang lainnya.

2. Dzikir Saman
Dzikir Saman tumbuh dan berkembang dibawa oleh para ulama ketika sedang menyebarkan agama Islam di Banten. Dalam perkembangannya, kesenian ini sudah banyak mengalami perubahan.Salah satunya, muncul tarian dari penonton yang mengikuti irama vokal (beluk) musik kesenian ini. Perubahan pada tarian merupakan desakan dari penonton yang menghendaki tarian Saman lebih variatif. Sehingga sekarang gerakan dalam kesenian Dzikir Saman tidak hanya pada kaki melainkan ditambah dengan gerakan tangan.
Penamaan kesenian ini diambil dari kata “saman” yang berarti delapan. Waditra atau alat bantu yang digunakan pada kesenian ini adalah berupa benda menyerupai kipas yang terbuat dari kulit kerbau berukuran 40X40 cm dengan tangkai pegangan dari rotan sepanjang 70 cm. Alat ini disebut “hihid”. Cara memainkan “hihid” dengan memukulkan secara berpasangan satu dengan yang lain, sehingga menghasilkan sebuah irama.

3. Panjang Mulud
Ritual yang satu ini biasanya dilakukan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam ritual ini akan dibuat panjang berisi berbagai makanan serta telur yang berhiaskan kertas krep.

4. Rudat
Rudat merupakan salah satu jenis tarian yang diiring dengan alat musik yang khas. Kesenian Banten yang unik ini dimainkan dengan bantuan beberapa alat musik unik, seperti: ganjring, rebana, bahkan kecrekan yang bisa memberikan suara khas. Perpaduan alat-alat musik ini akan menghasilkan irama musik Arab yang khas dan harmonis. VB-Fais.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *